-->

Manfaat pisang rebus untuk mengobati berbagai macam penyakit

Pisang merupakan makanan khas yang banyak sekali manfaatnya, terutama untuk melancarkan peredaran darah, menjaga mata agar tetap sehat, menormalkan fungsi jantung, melancarkan pencernaan, mencegah hipertensi, membantu mengatasi stress dan mengatasi penyakit maag.

Selain enak disantap pisang rebus juga diyakini punya banyak manfaat bagi kesehatan. Buah pisang memang kaya serat, Vitamin B6, Vitamin C, dan kalium yang dapat menangkal pembentukkan radikal bebas. Selain sehat, pisang juga enak dan mudah dikonsumi. 

Buah pisang mengandung (68%) air, (25%) gula, (2%) protein, (1%), lemak dan minyak, (1%) serat Selulosa. Sebagaimana juga pisang mengandung pati dan asam tanin, vitamin A (300 IU per seratus gram), vitamin B dengan berbagai jenisnya; 

B1, B2, B 6, dan 12 (100 mg per seratus gram), persentase yang cukup dari vitamin D, dan sedikit Vitamin Z. Dan pisang juga mengandung Kalsium (100 mg per seratus gram), Fosfor, Besi, Sodium, Kalium (potassium), Magnesium dan Seng. 


Meski memiliki kandungan serat lebih tinggi dibandingkan dengan yang ada di dalam pepaya, pisang sangatlah dianjurkan untuk dikonsumsi saat diare karena adanya kandungan pektin yang bisa meningkatkan kekerasan kotoran. Hal ini tentu akan membantu meringankan diare.

Jika Anda kesulitan menaikkan berat badan atau terlalu kurus, maka makan banyak pisang adalah hal yang baik. Satu buah pisang memiliki kalori sebesar 108 kal, dengan karbohidrat sekitar 18 gr dari semua berat pisang. Makan pisang akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama, dan faktor inilah yang menjadikan pisang baik sebagai makanan saat diet.

Pengolahan buah pisang juga beraneka ragam, mulai dari dibuat keripik, digoreng atau direbus. Nah dalam pisang rebus inilah, banyak sekali manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh Kalau dibandingkan dengan pisang goreng, pisang yang direbus memiliki manfaat yang jauh lebih baik sehingga aman dikonsumsi terutama saat sarapan. 

Alhasil selain membuat perut kenyang, pisang rebus juga baik bagi kesehatan. Nah berikut ini beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan kalau sering mengonsumsi pisang rebus:

1. MELANCARKAN PEREDARAN DARAH 
Aliran darah yang tersumbat atau tidak lancar bisa menyebabkan penyakit berbahaya seperti stroke. Agar peredaran darah anda kembali lancar dan stabil, cobalah untuk mengkonsumsi pisang rebus. Dengan adanya kandungan kalium ini membantu untuk menstabilkan peredaran darah sehingga aliran darah keseluruh tubuh kembali normal.

2. MENJAGA KESEHATAN MATA 
Memiliki mata yang sehat dan terjaga sampai tua adalah keinginan semua orang. Berbagai cara di lakukan semua orang untuk menjaga kesehatan mata salah satunya yang paling terkenal adalah buah wortel. 

Bukan hanya wortel yang punya kandungan vitamin A, pisang rebus juga kaya akan kandungan vitamin A sehingga baik bagi kesehatan mata. Dengan begitu kamu akan terjaga dari penyakit mata dan kerusakan mata akibat usia yang sudah lanjut.

3. MENORMALKAN FUNGSI JANTUNG 
Jantung merupakan organ vital yang berfungsi memompa darah keseluruh tubuh, jika baik kerjanya baik pula tubuh kita dan sebaliknya. Pisang rebus ternyata dapat menormalkan fungsi jantung dengan bantuan nutrisi dan senyawa yang ada pada pisang rebus. Dengan begitu jantung bisa memompa darah dengan baik keseluruh. tubuh dan semua bagian tubuh dapat suplay darah secara merata.

4. MEMPERLANCAR PENCERNAAN 
Pisang terkenal dengan manfaatnya yang baik bagi kesehatan sistem pencernaan, selain tekstur buah yang lembut dan mudah di cerna oleh sistem pencernaan. Buah pisang memiliki kandungan serat yang baik bagi pencernaan dalam membuang ampas-ampas kotoran di dalam usus. Sehingga sistem pencernaan tetap terjaga sehat. Walaupun di rebus manfaat nya tetap sama.

5. MENCEGAH HIPERTENSI 
Hipertensi atau yang lebih dikenal dengan tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang di sebabkan tekanan darah tidak dalam keadaan normal. Untuk mengembalikan dan mencegah hipertensi bisa juga dengan mengkonsumsi pisang rebus. Selain nikmat, tekanan darah anda kembali normal dan terhindar dari hipertensi.

6. MEMBANTU DALAM MENGATASI STRESS 
Stress bisa disebabkan oleh terlalu banyak pikiran. Ketika stress melanda anda cobalah untuk mengkonsumsi pisang rebus karena ada kandungan senyawa pektin dan kalium yang bermanfaat untuk membantu menghilangkan stress. Secara perlahan stress anda akan berangsur-angsur hilang.

7. MENGATASI PENYAKIT MAAG 
Sakit maag merupakan penyakit yang disebabkan penipisan dinding lambung akibat asam lambung yang tinggi. Rasa sakit yang ditimbulkan ketika maag kambuh sangatlah sakit. Untuk mengatasi maag ini kamu bisa mengkonsumsi pisang rebus.

Meski dianggap makanan sederhana, pisang rebus mempunyai banyak manfaat. Semoga artikel ini bermanfaat

0 Response to "Manfaat pisang rebus untuk mengobati berbagai macam penyakit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel