-->

8 Manfaat sawi putih yang baik untuk kesehatan

Selain dijadikan sebagai hidangan, sawi putih juga punya banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Sawi putih merupakan bahan makanan rendah kalori yang padat nutrisi. Kalau Anda penasaran dengan manfaat sawi putih, berikut Halalina Indo bagikan manfaat sawi putih untuk kesehatan.

manfaat sawi putih untuk sayuran atau pun mengobati berbagai macam penyakit. Sawi selain dikonsumsi setiap hari, baik juga untuk lalapan atau pun untuk disayur dan segala jenis masakan yang berbahan dasar sawi putih.

selain menyehatkan dan juga banyak sekali manfaat yang terkandung didalam sayuran sawi putih ini. sayuran yang satu ini sangat disukai baik anak anak maupun orang dewasa semuanya suka sayuran yang satu ini.


Sawi putih selain murah sudah pasti enak. berlaku untuk yang suka makan sayur karena sayuran ini mudah dicari di pasar tradisional, pasar swalayan atau pun tukang sayur keliling. penyelamat jiwa mak - emak yg malas ke pasar. Mudah diolahnya dan juga gampang untuk di tumis, kukus, asinan dan lain-laij. Berikut beberapa manfaat yang terkandung di dalam sawi putih:

dalam 100 gr sawi putih segar
Kalori : 9
Kalori Protein : 1 gr
Lemak: 0.1 gr
Karbohidrat : 1.7 gr
Serat : 0.8 gr

 1. LOW CALORIES 
Enak , kalorinya rendah , murah oo 100 gr sawi putih segar mengandung 9 kalori saja ! Jadi silakan masukan sawi putih dalam list menu makan kalian.

2.Sumber asam folat 
Asam folat adalah salah satu komponen penting dari DNA . Jumlah folat yang cukup dalam makanan pada ibu hamil dapat membantu mencegah penyakit neurologis pada bayi baru lahir.

3.Mengandung vitamin C 
Dalam 100 gr sawi putih segar mengandung 3 mg vitamin C. Memenuhi 3-4 % kecukupan vitamin C dalam sehari ( kecukupan vitamin C pria usia 19-29 tahun 90mg , wanita usia 19-29 tahun 75mg ) . Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dan menjaga kekebalan tubuh.

4.sumber mineral alami 
seperti kalium mangan dan besi Kalium adalah komponen utama cairan sel dan tubuh dan membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah Tubuh manusia menggunakan mangan sebagai ko - faktor untuk enzim antioksidan superoksida dismutase . Zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah merah.

5.Mengandung antioksidan 
Sawi putih mengandunv antioksidan seperti karoten , tiosianat , indole - 3 - karbinol , lutein , zeaxanthin , sulforaphane dan isothiocyanate

Selain banyak manfaatnya juga menyehatkan jantung serta mencegah kanker, mencegah osteoporosis, mencegah Cacat Pada bayi dan juga penyakit gondok dan masih banyak manfaat lainnya.

Berikut ini 8 manfaat sawi putih baik untuk kesehatan Anda diantaranya adalah:

1. Menyehatkan Jantung 
Siapa sangka sawi putih juga memiliki kandungan vitamin C yang tinggi , tidak hanya jeruk dan cabai saja, ternyata sawi putih kaya akan vitamin C yang juga ditemani dengan beta karoten dan vitamin E. Semua kandungan ini sangat ampuh untuk mencegah kolesterol jahat pada tubuh yang dapat menyumbat pembuluh darah dan penyakit jantung . Tidak hanya itu

sawi putih juga memiliki kandungan niasin di dalamnya yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung, Jadi untuk Anda yang ingin memiliki jantung sehat, maka konsumsilah sawi putih secara rutin.

2. Mencegah Kanker 
Ternyata salah satu manfaat sawi putih sendiri adalah untuk mencegah berbagai macam kanker yang berpotensi menyerang tubuh, seperti seperti kanker payudara, ginjal, kandungan, paru - paru dan lain lain

3. Mencegah Osteoporosis 
Manfaat sawi putih berikutnya adalah dapat mencegah osteoporosis pada tubuh yang biasanya menyerang kaum manula. 
Ini karena sawi putih memiliki kandungan vitamin K di dalamnya yang mana kandungan vitamin K ini dapat menjaga kepadatan tulang agar tulang di dalam tubuh kuat.
sawi putih juga memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dan dapat mengeluarkan keratin dengan sel epitel. Sehingga Anda akan memiliki mata yang sehat 

4. Mencegah Cacat Pada Bayi 
Sawi putih juga bermanfaat untuk ibu hamil karena kandungan asam folat dalam sawi putih dapat mencegah cacat pada bayi
Selain itu, asam folat juga memiliki manfaat untuk membantu meningkatkan produktivitas hemoglobin, sehingga dapat terhindar dari anemia yang juga terkadang menyerang usia dewasa

5. Mencegah Gondok 
Sawi putih juga dapat mencegah kerja kelenjar tiroid yang menyebabkan penyakit gondok karena mengandung goitrogen.

Sekian penjelasan singkatnya, Banyak manfaatnya kan si sawi putih ini kalian tim sawi putih di masak apa? tumis? kukus? kimchi ?? ! kalau aku sih tim dicampur ke mie " seleraku " haha ! Semoga bermanfaat.

6. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh 
Sawi putih mengandung vitamin C yang bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Mengonsumsi sawi putih secara rutin dapat membuat Anda tidak mudah terserang penyakit. 2. Menjaga kesehatan mata 
Sawi putih juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata. Hal ini karena vitamin A dan beta karoten yang terkandung di sawi putih. 

7. Menyehatkan saluran pencernaan 
Serat yang terkandung di sawi putih efektif untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan, karena serat di sawi putih dapat meningkatkan pergerakan usus yang akan membantu mengatasi sembelit dan konstipasi. 

8. Mengontrol tekanan darah 
Kandungan kalium yang terdapat di sawi putih bisa membantu mengontrol tekanan darah. Meski begitu, sayuran ini tidak bisa digunakan sebagai obat penurun tekanan darah tinggi. Penderita hipertensi tetap harus rutin mengonsumsi obat dan menjalani pola hidup sehat untuk mengontrol tekanan darah. 

Apakah ada yang suka dengan sawi? Pastinya semua orang suka dengan sayuran yang satu ini, selain enak dan juga banyak sekali manfaatnya. Terutama untuk kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat.

0 Response to "8 Manfaat sawi putih yang baik untuk kesehatan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel