-->

Tata cara aqiqah untuk anak dan cara pelaksanaannya

Di era informasi dan globalisasi saat ini "begitu gencar budaya jahili mengikis habis nilai-nilai Robbani dengan dalih kemajuan zaman sehingga umat Islam banyak yang tertipu dan terpedaya olehnya. Hal ini dapat kita lihat dari kenyataan hidup sehari-hari begitu banyak kemaksiatan disekeliling kita. 

baik dalam kehidupan rumah tangga, bermasyarakat atau sekup yang lebih luas lagi. Dalam keadaan seperti ini kita sulit menemukan acara-acara yang Islami kecuali oleh mereka yang masih komitmen dengan ajaran Islam. 

Sunnah-sunnah Rasulullah sudah banyak yang ditinggalkan oleh kaum muslimin atau kalaupun dilaksanakan tidak sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Dalam hal ini salah satunya adalah Sunnah Aqiqah, Jumhur Ulama berpendapat bahwa Aqiqah hukumnya Sunnah Muakkadah, bahkan ada sebagian Ulama yang mewajibkannya.


MENGAPA KITA HARUS MELAKSANAKAN AQIQAH ? Aqiqah adalah salah satu ajaran Islam yang mencontohkan Rasulullah SAW yang mengandung hikmah dan manfaat positif yang bisa kita petik didalamnya. Oleh karena itu kita sebagai umat Islam sudah selayaknya untuk melaksanakan setiap ajaran-ajaran-Nya tanpa terkecuali termasuk Aqiqah ini. BAGAIMANA CARANYA ? Supaya ibadah kita diterima Allah SWT, sebagai amal sholeh yang Insya Allah menjadi simpanan kita di akhirat, hendaklah ibadah kita sesuai dengan tuntutan Rasulullah SAW, baik dalam cara pelaksanaanya. 

Oleh karena itu penting bagi kita untuk memahami kembali makna Aqiqah yang sebenarnya yang diajarkan Rasulullah SAW agar tidak salah dalam melaksanakan ajaran- Nya.

APA PENTINGNYA AQIQAH ? 
Apabila kita memiliki barang yang berharga dan bisa mendatangkan manfaat serta bangga memilikinya namun barang tersebut dalam keadaan tergadai , bagaimana sikap kita terhadap barang tersebut ? Tentunya kita akan menebusnya . Begitu juga Aqiqah , karena ia adalah upaya menebus anak kita yang masih tergadai . Rasululla bersabda :

 د ب عند يوم كل غلام مرتهن بعقيقته ، بيه ، ويحلق رأسه ، ويسمى ( رواه الترمذي والنسائي وابن ماجه )

Artinya : " setiap anak tergadaikan dengan Aqiqahnya ia disembelihkan binatang pada hari ketujuh dari hari kelahirannya , lalu diberi nama dan dicukur

Disamping itu Aqiqah merupakan realisasi rasa syukur kita atas anugerah sekaligus amanah yang diberikan Allah SWT kepada kita . Mengingat sunnah ini mulai jarang dilaksanakan oleh kaum Muslimin , maka menghidupkannya sangat terpuji dan Insya Allah mendapat balasan yang sangat besar . Rasulullah bersabda :

 اجی سنتی عند فساد أمتی فله أجرمائة شهيد ( الحدیث )

 Artinya : " Barang siapa yang menghidupkan sunnahku disaat kerusakan pada ummatku maka baginya seratus pahala orang mati syahid " . ( Al - Hadits ) Dan juga banyak manfaat yang lainnya misalnya untuk mempererat silaturahmi serta ikatan sosial dengan para tetangga kerabat fakir miskin dll . Oleh karena itu marilah kita menghidupkan kembali sunnah ini .

AQIQAH UNTUK LAKI - LAKI DAN PEREMPUAN 
Yang Afdol anak laki - laki disembelihkan 2 ( dua ) ekor . sedangkan anak perempuan 1 ( satu ) ekor , namun ada yang memperbolehkan untuk anak laki - laki 1 , terutama bila beranak kembar atau lagi kesempitan berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abbas r.a.

 أن رسول الله صلى الله عليه وسلم عق عن الحسن والحسين بشابشار بوده و دارد )

Artinya: " Bahwa sesungguhnya Rasulullah telah mengaqiqahkan Al - Hasan dan Al - Husen masing masing satu ekor kambing . " ( HR . Abu Daud )

 WAKTU PELAKSANAAN AQIQAH Dianjurkan melaksanakan Aqiqah pada hari ke 7 ( tujuh ) dari hari kelahirannya , adapun kalau belum bisa , boleh hari ke 14 ( empat belas ) , 21 ( dua puluh satu ) atau kapan saja ia mampu . Imam Malik berkata : " Pada dzohirnya bahwa keterikatan pada hari ke 7 ( tujuh ) atas dasar anjuran , andaikan pada hari itu belum bisa dilakukan , maka sekiranya menyembelih pada hari ke 4 ( empat ) , ke 8 ( delapan ) ke 10 ( sepuluh ) , atau setelahnya Aqiqah itu telah cukup " . Karena prinsip ajaran Islam adalah memudahkan bukan menyulitkan sebagaimana firman Allah SWT :

Firman Allah :
Allah menghendaki kemudahan bagimu dan Allah tidak menghendaki kesukaran bagimu . " ( QS . 2 : 185 ) .
Dan Allah tidak menghendaki kalian dalam beragama itu kesukaran . " ( QS . 22:78 ) Pendapat Imam Malik ini menegaskan bahwa melakukan Aqiqah kapan saja boleh , namun diutamakan pada hari ke 7 ( tujuh ) dari kelahirannya .

ORANG YANG MENGAQIQAHKAN ANAKNYA MEMOTONG SENDIRI 
Orang yang mengaqiqahkan anaknya dan ia pandai menyembelih , disunnahkan untuk menyembelih sendiri dan disunnahkan membaca:

 الله الله أكبر اللهم صل على محمد وعلى اله وسلم ، اللهم منك واليك تقيل من فلان ابن فلان

Bismillahi Wallahu Akbar , Allahumma Sholli 'alaa Muhammadin wa'alaa aalihi wasalim Allahumma minka wailaika taqabbal min .... .fulan bin fulan .

( Dengan nama Allah dan Allah Maha Besar). Ya Allah berilah Rahmat dan Sejahtera Nabi Muhammad dan keluarganya . Ya Allah ini dari Engkau dan kembali kepada Engkau . maka terimalah ini dari .. .fulan bin fulan .

أن رسول الله صلى الله عليه وسلم أمر بحلق رأس الحسن والحسين يوم ابيها قلقا وتصدق بوزنه فضة ( يحي بن باكر )

 Artinya " Bahwa Rasulullah SAW memerintahkan untuk mencukur rambut Hasan Dan Husen pada hari ketujuh lalu mensedekahkan timbangan rambut tersebut dengan perak . " ( Yahya Bin Baakir ) Ahli Fiqh membolehkan juga mengadakan Walimah Aqiqah dengan mengundang fakir miskin , kaum kerabat dan yang lainnya untuk makan bersama berkumpul guna mempererat ukhuwah Islamiyah dan memetik manfaat positif lainnya

MEMBERI NAMA
Disunnahkan memberi nama anak yang baru dilahirkan dengan nama - nama yang baik , ini tentunya sesuai dengan harapan kita , agar anak tersebut kelak menjadi anak yang baik karena dalam nama itu terkandung do'a dan harapan kita . Nama yang paling disukai Allah adalah Abdullah Abdur Rahman , dll . Juga dibolehkan memakai nama Malaikat atau para Nabi dan juga nama - nama yang baik lainnya . Namun dimakruhkan memberi nama dengan nama Yasar ( Kaya ) Rabah ( Banyak ) dan Aflah ( Bahagia ) karena dikhawatirkan apabila ada yang menanyakan apakah dia demikian , jawabannya tidak

MENCUKUR RAMBUT 
Disunnahkan mencukur rambut bayi yang baru dilahirkan kemudian rambutnya ditimbang dengan perak / emas lalu disedekahkan kepada fakir miskin . Banyak hikmah yang terkandung didalamnya . Pertama diantaranya menghilangkan penyakit karena rambut bawaan bayi mengandung kotoran yang akan mengundang penyakit . Kedua menguatkan syaraf - syaraf kepala sang bayi . Ketiga mempererat ikatan dengan fakir miskin dengan bersedekah kepadanya dan banyak hikmah lainnya .

HUKUM UMUM YANG BERKENAAN DENGAN KAMBING AQIQAH 
Para ulama berbeda pendapat dalam menentukan persyaratan kambing . 1. Ada yang berpendapat harus 2 tahun , ada juga yang berpendapat 1 tahun , bahkan ada yang berpendapat 6 bulan sudah boleh ( khusus untuk kambing domba ) . 2. Kambingnya sehat , tidak cacat , yaitu tidak buta , tidak hilang sebagian besar tanduk atau kupingnya , tidak ompong semua gigi bagian depannya , dll . Pada dasarnya secara umum persyaratan kambing Aqiqah sama persyaratannya dengan kambing qurban , Walaupun dalam hal ini para ulama berbeda pendapat . Wallahu a'lam

Demikian yang dapat kami tulis tentang Aqiqah ini , mudah - mudahan Aqiqah yang kita laksanakan sesuai dengan tuntutan dan kita berharap anak - anak yang kita Aqiqahkan mendapat Rahmat , Inayah , dan Hidayah dari Allah SWT , serta dilindungi dari godaan - godaan syaitan yang terkutuk dan kelak menjadi anak anak yang sholeh dan sholehah yang berguna bagi nusa , bangsa dan Agamanya , dan juga bisa memberikan syafa'at yang senantiasa mendo'akan kita kelak . Amin ....

0 Response to "Tata cara aqiqah untuk anak dan cara pelaksanaannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel