-->

Cara menanam kangkung hidroponik sederhana, mudah dan praktis

Cara menanam kangkung hidroponik sederhana, mudah dan praktis
Cara Menanam Kangkung HIDROPONIK Sedehana dengan Mudah dan Praktis Cara mendapatkannya mudah dan hargapun relatif murah. tak heran kalau sayuran ini banyak diminati para ibu rumah tangga untuk dijadikan sayuran sehari-hari. 

Setiap orang bisa memperoleh kangkung dengan membeli di pasar atau menanamnya sendiri. Jika Anda tertarik untuk menanam kangkung sendiri, maka itu lebih baik.


Pasalnya sayuran ini sangat mudah ditanam. Tak perlu lahan yang luas, Anda bisa memaksimalkan lahan pekarangan rumah menggunakan hidroponik. Lagi pula, Sayuran kangkung sudah terbukti sebagai sayuran hidroponik, yang mudah dalam perawatannya dan pasti selalu berhasil. Mengapa harus hidroponik?

Ini karena, kangkung hidroponik mempunyai kualitas hasil yang cenderung lebih baik, dari pada tanaman yang ditanam secara konvensional atau menggunakan media tanah. Hal tersebut karena dipengaruhi dari perlakuan yang diberikan.

mulai dari pembibitan, perawatan hingga masa panen. Oleh karena itu, apabila Anda masih tergolong baru dalam dunia hidroponik, ada baiknya untuk mengetahui cara menanam kangkung hidroponik berikut ini.

Persiapan alat dan bahan
1.Persiapan alat dan bahan. Beberapa alat dan bahan yang akan digunakan adalah besek plastik, baskom, benih, pupuk AB Mix atau POC, dan ZPT. Untuk benih, sebaiknya dipilih benih kangkung yang memiliki kualitas bagus dan daya kecambah yang tinggi.
Sementara ZPT digunakan saat akan merendam benih, tujuan penggunaan ZPT sudah pasti memberi dukungan tanaman cepat berkecambah dan tumbuh

2.Menyemai benih kangkung. Benih kangkung dapat langsung ditanam dalam
media tanam, atau bisa juga dengan menyemainya terlebih dahulu. Bila disemai dahulu, biasanya setelah semai akan dipindah ke sistem hidroponik rakit apung, NFT, atau DFT.

untuk kali ini akan dijelaskan cara yang pertama yaitu menanam kangkung hidroponik secara langsung. besek diletakan diatas baskom, ingat diameter besek harus sedikit lebih besar.

air dituang hingga menyentuh dasar besek, gunakan air yang mendekati PPN 0 seperti air buangan ac dan air buangan sumur.benih ditaburkan merata kedalam besek, bila lubang-lubang besek lebih besar bisa ditambahkan tisu pada dasar besek. taruh ditempat teduh hingga benih berkecambah kemudian jemur dibawah matahari.

3.Pemberian nutrisi hidroponik. Nutrisi yang dibutuhkan oleh kangkung juga tidak berbeda dengan nutrisi kebanyakan tanaman. Jika Anda menggunakan nutrisi hidroponik dari pupuk AB Mix.
maka berikut cara membuatnya.


4.Pemeliharaan. Dalam tahap pemeliharaan, Anda hanya perlu memperhatikan kebutuhan nutrisi kangkung dan jangan sampai membiarkan kangkung tidak mendapatkan nutrisi dari larutan di bawahnya. ketika tanaman sudah berumur 2 minggu konsentrasi larutan akan bertambah anda perlu meningkatkan jumlah pupuk yang tadinya 5ml per 1liter menjadi 7-9 ml per liter, ganti larutan nutrisi jika sudah berbau begitu seterusnya sampai memasuki masa panen.

5. Pemanenan. Kangkung dapat dipanen setelah berumur 21-25 hari. Cara panennya pun ada dua macam, yaitu dengan mencabut langsung sampai akarnya ikut (mati) atau dengan memotong 2/3 bagian batang atas agar dapat tumbuh kembali.

Tanaman kangkung yang tidak segera dipanen akan menimbulkan rasa pahit getir pada batang dan daun tanaman. demikian merupakan langkah-langkah yang harus dilakukan dalam bercocok tanam tanaman kangkung menggunakan hidroponik. Selamat mencoba semoga berhasil.

0 Response to "Cara menanam kangkung hidroponik sederhana, mudah dan praktis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel