-->

Jenis jenis tenda gunung berdasarkan kelebihan dan kekurangannya

Tenda merupakan tempat pelindung yang terdiri dari lembaran kain atau bahan lainnya yang menutupi dan melekat pada kerangka tiang atau menempel pada tali pendukung. Mengingat betapa pentingnya sebuah tenda Camping bukan berarti anda asal pilih dalam menggunakan tenda Camping. Anda juga harus memastikan bahwa jenis tenda tersebut pas dan nyaman saat digunakan untuk berteduh, apalagi jika anda berada di alam terbuka. Tentunya lebih memilin tenda yang praktis, aman, dan bisa dibawa kemana-mana.



Saat camping atau mendaki, tenda adalah salah satu kebutuhan yang wajib kamu bawa! Pemilihan tenda harus disesuaikan dengan kondisi medan yang dikunjungi. Bagi anda yang memiliki hobi trekking atau mendaki tentunya tidak asing dengan jenis tenda Dome. Tenda ini memiliki ciri khas pada bentuk melengkung pada tiang-tiang yang menyangga dengan dua atau tiga kutub tiang yang membujur setengah lingkaran untuk menyangga tenda. 


Tiang yang dirangkai akan membentuk tenda menyerupai bujur sangkar atau persegi panjang. Tungkai dari penyangga tenda kubah relatif mudah dilepas dan dipasang. Jenis tenda dome sangat baik digunakan kegiatan Camping dan nyaman saat digunakan untuk tidur. Bahkan Camping di pegunungan sekalipun karena cara mendirikan tenda jenis dome juga sangat mudah dan cepat sehingga anda tidak dibuat kerepotan. 


Adapun keunggulan dari jenis tenda dome adalan tenda dome mempunyai ukuran sedang dengan kapasitas 6-7 anak atau 4-5 orang dewasa. Bahan dan berat bebannya pun ringan sehingga mudah dibawa kemana-mana. Tenda dome juga dilengkapi dengan alas bagian luar sehingga aman saat musim hujan. Menarik bukan? Berikut 9 jenis tenda yang dapat anda gunakan dalam kegiatan Camping.


1. TENDA KUBAH 

Tenda berbentuk seperti bujur sangkar dengan tiang melengkung di setiap sisinya Bisa digunakan untuk segala jenis kegiatan outdoor, namun tidak di tempat bercuaca ekstrem. KELEBIHAN Mobilisasi bagus & mudah dipasang 

KEKURANGAN Struktur kerangka mudah goyah.


2. TENDA QUICK PITCH 

Bentuk tenda sama seperti tenda kubah pada umumnya, namun setiap tiang penyangga terintegrasi jadi memudahkan saat didirikan. Cocok untuk berkemah sendiri. 

KELEBIHAN Seperti tenda dome pada umumnya. 

KEKURANGAN Harga lebih mahal.


3. TENDA INFLATABLE 

Memiliki struktur panel berongga, tenda udara hanya memerlukan pompa untuk mendirikannya. 

KELEBIHAN Memiliki ruang yang lebar. KEKURANGAN Memiliki bobot yang berat.


4. TENDA KUBAH POP UP 

Seperti namanya, tenda kubah "pop-up" dirancang untuk petualang yang mendambakan kepraktisan. Hanya dengan satu langkah dan ikatan, tenda dapat berdiri sempurna. KELEBIHAN Simpel dan sangat ringan KEKURANGAN Tidak dapat menahan angin kencang.


5. TENDA RIDGE 

Tenda dengan bentuk retro klasik dan mudah dikenali secara luas ini memiliki struktur yang kokoh. Di Indonesia, kebanyakan digunakan untuk kegiatan pramuka. 

KELEBIHAN Simpel dan sangat ringan KEKURANGAN Tidak dapat menahan angin kencang.


6. TENDA KELUARGA VIS À VIS 

Tenda dengan dua ruang yang dihubungkan secara berhadap-hadapan Privasi kalian akan terjaga dengan kompartemen penghubung pada bagian tengah. 

KELEBIHAN Ruang yang luas dan private 

KEKURANGAN Pengaturan pemasangan yang sulit.


7. TENDA TUNEL 

Jenis tenda yang dirancang untuk kemah musim panas bersama keluarga. Desain tenda yang memanjang membuat tenda jadi lebih luas. KELEBIHAN Cocok digunakan di berbagai lingkungan KEKURANGAN Berat, ventilasi yang terbatas.


8. TENDA GEODESI 

Desainnya yang aerodinamis membuat tenda jenis ini mampu bertahan dari angin dan hujan. Cocok untuk digunakan ketika melakukan ekspedisi. 

KELEBIHAN Struktur kuat dengan stabilitas yang prima. 

KEKURANGAN Hanya cocok digunakan untuk ekspedisi.


9. TENDA LONCENG 

Bentuknya mudah dikenali dengan tiang panel di tengah untuk menyampirkan kain kanvas. Biasa digunakan untuk acara festival dan berkemah di musim panas. KELEBIHAN Sangat bergaya dan trendi 

KEKURANGAN Tidak cocok untuk kegiatan outdoor.


Kalian pakai yang mana? Pastikan tenda yang kamu pilih mampu menunjang kebutuhan selama camping. Apa saja jenis tenda yang perlu diketahui kalian bila hendak camping?

0 Response to "Jenis jenis tenda gunung berdasarkan kelebihan dan kekurangannya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel