-->

6 suku di Indonesia dengan Adat istiadat pernikahan termahal

Pernikahan adalah memadukan cinta kasih manusia dalam sebuah upacara sakral untuk kehidupan. Pernikahan merupakan momen yang ditunggu-tunggu setiap pasangan yang sudah tidak sabar mengikat janji berumah tangga. Ada yang merayakan pernikahannya secara sederhana. Namun, ada yang dirayakan secara mewah hingga menghabiskan dana ratusan miliar hingga triliunan.


Berikut ini pernikahan super-mahal yang pernah terjadi di dunia ini. tapi bagaimana jika Adat pernikahan menjadi penghalang karena mahar yang diminta terlalu membebani salah satu pihak perempuan atau pun laki-laki. seperti beberapa daerah di Indonesia yang mempunyai Adat istiadat pernikahan paling mahal. Daerah mana sajakah itu? Cekidot langsung saja, berikut beberapa daerah yang mempunyai Adat istiadat pernikahan paling mahal di Indonesia:


• Adat Bali (Bali) 

Adat budaya yang turun menurun mewajibkan pengantin untuk memaluk berbagai prosesi tertentuzBanyak pernak-pernik dan aksesori yang diperlukan. Belum lagi sesajen yang dibutuhkan untuk prosesi pernikahan 

• Adat Batak (Sumatera Utara) 

Suku Batak terkenal dengan ritual pernikahan adat yang meriah. Banyak rangkaian adat yang dilakuakan dan ini sudah pasti mengeluarkan biaya yang cukup mahal 

• Adat Sasak (Lombok) 

Untuk mahar pernikahan susu Sasak disesuaikan dengan jarak rumah keluarga masing-masing mempelai. Selain itu perbedaan kasta dan status keturunan juga menentukan besaran mahar tersebut.

Adat Nias (Sumatera Utara) 

• Suku Nias juga menerapkan mahar dalam pernikahan. Semakin tinggi tingkat pendidikan calon pengantin perempuan, semakin tinggi maharnya. Biasanya untuk melamar saja mempelai pria harus menyiapkan babi 25 ekor.


• Adat Minangkabau (Sumatera Barat)

Pada adat Minangkabau, perempuan lah yang harus menyambangi rumah calon mempelai pria.Rangkaian acara sebelum pernikahan memerlukan biaya yang tidak sedikit.


• Adat Banjar (Kalimantan - Selatan)

Berdasarkan perhitungan masyarakat setempat, mahar berupa uang atau emas dipatok antara Rp 5 juta hingga 20 juta, dan itu belum termasuk barang-barang lamaran lainnya.Selain itu, besaran mahar juga menentukan banyaknya tamu yang akan diundang. 


Kalau kalian pilih daerah mana atau masih pikir pikir dulu..? Semoga nanti mendapatkan jodoh yang terbaik dan juga Solehah..

0 Response to "6 suku di Indonesia dengan Adat istiadat pernikahan termahal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel