-->

5 armada angkatan laut Rusia terkuat di dunia

AL Rusia adalah salah satu angkatan laut terkuat di dunia. Dengan ratusan kapal yang dibagi dalam 5 armada kuat membuat angkatan laut ini begitu ditakuti. Ditambah lagi dengan SSBN (kapal selam misil balistik) yang menjadi andalan AL Rusia yang suatu saat bisa saja menyerang sebuah negara tanpa terdeteksi. Sebenarnya, bagaimana sih AL Rusia itu?  armada kapal laut Rusia dan pemimpinnya ini suatu saat bisa berubah-ubah.


Voyenno-Morskoi Flot
Pemimpin : Laksamana Nikolai Yevmenov  ORIA AL Rusia sudah berdiri sejak abad ke-17. Sebuah dokumen resolusi dari dewan bangsawan pada tahun 1696 menandakan berdirinya AL Rusia. Pada tahun 1700, Great Northern War menentukan fungsi utama AL Rusia. Yaitu, untuk melawan pasukan angkatan laut musuh, berperang di garis komunikasi laut, dan untuk melakukan serangan dan penyisipan pasukan dari laut. Pentingnya setiap tujuan berubah ketika peralatan dan sifat operasi maritim berkembang.

Kekalahan terbesar AL Rusia adalah pada saat Russo-Japanese War. Pertempuran Tsushima menandakan hancurnya Armada Pasifik AL Rusia. Setelah pertempuran itu, AL Rusia bangkit dan pada tahun 1916, Unit Penerbangan Laut didirikan. Setelah Perang Saudara Rusia, AL Rusia berada dibawah kekuasaan Uni Soviet. Puncak kekuatan armada AL Rusia terjadi pada tahun 1980. Empat armada kapal, satu flotilla, dengan total 100 skuadron dan brigade kapal perang permukaan, kapal selam, pesawat tempur laut, dan pasukan penjaga pantai. Saat ini, AL Rusia berada dibawah naungan Kementrian Pertahanan Federasi Rusia. Btw... keempat armada dan satu flotilla itu apa saja ya?

Baltic Fleet
Pemimpin: Alexander Nosatov Baltic Fleet (Baltiyskiy Flot)
termasuk armada AL Rusia yang sepuh. Didirikan pada tahun 1703, Armada Baltik ini berpusat di Kaliningrad, Kaliningrad Oblast, Rusia. Armada ini terdiri dari 52 kapal permukaan dan 1 kapal selam, beberapa di antaranya adalah: Sovremenny-class destroyer (1) Neustrashimy-class frigate (2) Steregushchiy-class corvette (4) Buyan-M-class corvette (2) Kilo-class submarine (1)

Northen Fleet
Pemimpin Alexander Moiseev
yang top-topnya, Armada Laut Utara! Armada ini dikenal dengan nama Severnyy Flot dalam Bahasa Rusia dan berpusat di Severomorsk. Didirikan pada tahun 1933 oleh Soviet, armada ini beroperasi di Laut Arktik dan Samudera Atlantik. Terdiri dari 39 kapal permukaan dan 42 kapal selam, membuat armada ini begitu ditakuti. Beberapa di antaranya adalah: Admiral Kuznetsov (1) Slava-class cruiser (1) Udaloy-class destroyer (4) Admiral Gorshkov-class frigate (2) Nanuchka-class corvette (2) Typhoon-class submarine (1) Akula-class submarine (6) Kilo-class submarine (6) Kirov-class battlecruiser (2) Udaloy Il-class destroyer (1) Sovremenny-class destroyer (1) Grisha-class corvette (6) Delta IV-class submarine (6) Oscar-class submarine (3) Lada-class submarine (1)

Black Sea Fleet
Pemimpin: Igor Osipov
Armada Laut Hitam (Chernomorsky Flot) merupakan armada Rusia di bagian selatan. Berdiri tahun 1783, armada ini berpusat di Sevastopol. Armada ini memiliki 47 kapal permukaan. Selain itu, juga ada 7 kapal selam. Beberapa di antaranya adalah: Slava-class cruiser (1) Admiral Grigorovich-class frigate (3) Burevestnik (Krivak)-class frigate (2) Kilo-class submarine (7)

Pacific Fleet
Pemimpin : Sergei Avakyants
mungkin kalian sering dengar kalau ngomongin tentang Russo-Japanese War, ya! Armada Pasifik! Armada Pasifik yang memiliki nama asli Tikhookeanskiy flot ini didirikan tahun 1731 dan berpusat di Vladivostok. Armada ini memiliki 53 kapal permukaan dan 21 kapal selam. Beberapa di antaranya adalah: Slava-class cruiser (1) Udaloy-class destroyer (4) Borei-class submarine (2) Oscar-class submarine (5) Kilo-class submarine (9) Sovremenny-class destroyer (2) Steregushchiy-class corvette (2) Delta III-class submarine (1) Akula-class submarine (4)

Caspian Flotilla
Pemimpin: Sergei Pinchuk
ini adalah Caspian Flotilla (Kaspiyskaya flotiliya). Berdiri tahun 1722, membuat flotilla ini sebagai flotilla AL "air cokelat" tertua di AL Rusia. Berpusat di Astrakhan, flotilla ini memiliki 27 kapal perang permukaan. Beberapa diantaranya adalah : Tatarstan/Gepard-class frigate (2) Buyan-class corvette (3) Buyan-M-class corvette (3)

0 Response to "5 armada angkatan laut Rusia terkuat di dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel