-->

Kisah seorang ulama yang kepalanya berubah menjadi keledai

Kisah seorang ulama yang kepalanya berubah menjadi kepala keledai karena mendahului Imam saat shalat, dan Telah berkata Ibnu Hajar dari sebagian ahli hadits: Bahwasanya dia pergi ke Dimasyq untuk mengambil hadits dari seorang syaikh yang terkenal di sana.


Syaikh itupun membacakan sejumlah hadits, akan tetapi beliau membuat tabir antara beliau dengan si murid dan dia tidak melihat wajah Syaikh tersebut. Tatkala telah lama dia belajar dan Syaikhnya melihat semangatnya terhadap hadits Syaikh tersebut menyingkapkan tabir. Sehingga si murid tersebut melihat wajah beliau berupa wajah keledai.

Maka beliau berkata kepadanya: "Hati-hati wahai anakku, jangan sampai kamu mendahului imam! Sesungguhnya aku tatkala melewati hadits tersebut*, aku menganggap tidak mungkin terjadi, lalu aku mendahului imam, lalu jadilah wajahku seperti yang kau lihat!" Hadits yg dimaksud adalah hadits Abu Hurairah yang diriwayatkan oleh Al Imam Al Bukhori dan Al Imam Muslim.

Tidakkah takut orang yang mengangkat kepalanya sebelum imam (mengangkat kepalanya) akan dirubah oleh Allah kepalanya menjadi kepala keledai?" Dalam riwayat lain: Akan dijadikan wajahnya menjadi wajah keledai?' Sumber: Al Qoulul Mufid Penjelasan Tentang Tauhid, diterjemahkan oleh Ummu Luqman Salma bintu Ngadino As Salafıyah

Semoga kisah ini menjadi pelajaran bagi umat muslim agar jangan mendahului Imam saat sedang shalat berjamaah baik di musholla atau pun masjid, sebaik-baik makmum adalah mengikuti gerakan Imam saat sholat dan jangan pernah mendahului imam saat sholat..

0 Response to "Kisah seorang ulama yang kepalanya berubah menjadi keledai"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel