-->

Cara menguji kecepatan website atau blog di pagespeed Insights

Cara menguji kecepatan website atau blog di pagespeed Insights
Pagespeed Insights adalah alat untuk mengukur tingkat kecepatan sebuah website atau blog dan melaporkan tentang performa halaman situs untuk perangkat seluler maupun desktop serta memberikan saran tentang cara meningkatkan performa halaman tersebut.
Gambar dibawah ini adalah halaman sebuah website atau blog yang selesai di analisis dan kecepatannya di atas rata-rata untuk versi desktop tapi jika untuk versi seluler mungkin agar berkurang kecepatannya.



Cara Menganalisis dan meningkatkan kinerja website masukkan alamat url blog sobat seperti gambar di atas lalu tekan analisis dan tunggu beberapa saat hingga selesai, jika berwarna merah berarti lambat
Orange sedang dan warna hijau berarti cepat.
Karena kecepatan sebuah website itu akan berpengaruh terhadap website kita dihasil pencarian, karena mesin pencari seperti google akan mengabaikan website yang kecepatannya lambat dan lebih memilih website yang punya kecepatan di atas rata-rata atau berwarna hijau atau pun orange
  • agar website kita punya kecepatan di atas rata-rata jangan terlalu banyak widget supaya website mudah memproses pemuatan halaman supaya menjadi lebih cepat.
  • ini adalah skor untuk website yang mempunyai kecepatan di atas rata-rata untuk versi desktop


Skor Kecepatan
PageSpeed Insights menggabungkan data dari Laporan Pengalaman Pengguna Chrome (CrUX) untuk menampilkan data performa nyata tentang halaman. PSI melaporkan 2 metrik: First Contentful Paint (FCP) dan DOMContentLoaded (DCL).

Nilai median untuk setiap metrik (FCP atau DCL) dibandingkan dengan semua halaman yang dipantau oleh laporan CrUX. Setiap metrik diberi kategori, bergantung pada nilainya dalam distribusi:

Cepat: Nilai median metrik berada pada sepertiga tercepat dari semua pemuatan halaman.
Lambat: Nilai median metrik berada pada sepertiga terlambat dari semua pemuatan halaman.
Rata-rata: Nilai median dari metrik berada pada sepertiga menengah dari semua pemuatan halaman.
Keseluruhan skor Kecepatan dihitung dengan melihat kategori untuk setiap metrik:

Cepat: Jika setiap metrik halaman adalah Cepat.
Lambat: Jika setiap metrik halaman adalah Lambat.
Rata-rata: Semua kasus lain.
Distribusi Pemuatan Halaman
Bagian Distribusi Pemuatan Halaman menyajikan distribusi metrik FCP dan DCL dari halaman ini di kumpulan data CrUX. Distribusi untuk setiap metrik dibagi menjadi 3 kategori: Cepat (sepertiga tercepat), Rata-rata (sepertiga menengah), dan Lambat (sepertiga terbawah). Distribusi ini diperbarui setiap minggu.

Skor Pengoptimalan
PageSpeed Insights mengevaluasi seberapa baik halaman mengikuti praktik terbaik performa umum dan menentukan skor dari 0-100 yang memperkirakan ruang utama performanya. Fitur ini mengevaluasi apakah halaman dapat meningkatkan performanya dalam 2 area:

waktu pemuatan paruh atas: Waktu yang berlalu sejak pengguna meminta halaman baru hingga saat konten paruh atas dirender oleh browser.
waktu pemuatan halaman penuh: Waktu yang berlalu sejak pengguna meminta halaman baru sampai browser merender halaman secara penuh.
Skor dikategorikan sebagai Baik, Sedang, atau Buruk. Penghitungannya menganggap bahwa developer ingin menjaga tampilan dan fungsi halaman yang sama.

Baik: Halaman menerapkan sebagian besar praktik terbaik performa dan terdapat ruang utama kecil untuk pengoptimalan lebih lanjut. Skor halaman 80 ke atas.
Sedang: Halaman tidak memiliki beberapa pengoptimalan performa umum dan terdapat ruang utama medium untuk pengoptimalan. Skor halaman antara 60 hingga 79.
Buruk: Halaman tidak dioptimalkan dan terdapat ruang utama yang cukup besar untuk pengoptimalan. Skor halaman antara 0 hingga 59.
Skor pengoptimalan memperkirakan ruang utama performa halaman. Halaman dengan kecepatan lambat mungkin memiliki skor pengoptimalan yang tinggi karena memiliki rasio resource memblokir perenderan yang rendah, dibandingkan dengan total resource yang digunakan oleh halaman. Di sisi lain, halaman yang cepat mungkin memiliki skor pengoptimalan yang buruk karena memiliki jumlah resource memblokir perenderan yang tinggi, dibandingkan dengan total resource-nya.

Statistik Halaman
Bagian ini menjelaskan tentang proses perjalanan yang diperlukan untuk memuat resource yang memblokir perenderan halaman, total byte yang digunakan oleh halaman, serta perbandingannya dengan jumlah median perjalanan dan byte yang digunakan dalam kumpulan data. Informasi tersebut dapat menunjukkan apakah performa halaman mungkin lebih cepat dengan mengubah tampilan dan fungsi halaman.

Saran Pengoptimalan
Berikut adalah daftar praktik terbaik yang dapat diterapkan di halaman ini. Jika performa halaman cepat, saran ini disembunyikan secara default, karena halaman tersebut sudah berada di sepertiga teratas dari semua halaman dalam kumpulan data, sehingga perbaikan lebih lanjut mungkin tidak diperlukan.

Karena performa sambungan jaringan sangat bervariasi, pengoptimalan menangani aspek performa halaman yang tidak terkait dengan jaringan: konfigurasi server, struktur HTML halaman, dan penggunaan resource eksternalnya seperti gambar, JavaScript, dan CSS. Menerapkan saran seharusnya akan meningkatkan performa halaman secara relatif. Namun, keseluruhan performa halaman masih akan bergantung pada sambungan jaringan pengguna.

0 Response to "Cara menguji kecepatan website atau blog di pagespeed Insights"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel