-->

Resep cara membuat Bubuk kari komplit

Kari atau yang dikenal di Indonesia sebagai kare adalah nama untuk berbagai jenis hidangan berkuah yang dimasak dengan rempah-rempah hingga mempunyai cita rasa tajam dan pedas. Kari berasal Asia Selatan, terutama dari India yang telah meluas ke seluruh negara di kawasan Asia Pasifik dan Eropa.


Bumbu dan rempah-rempah yang digunakan untuk membuat kari sangat beragam dan tidak terbatas pada ketumbar, kunyit, merica, cabai, bubuk paprika, jintan, kayu manis, kapulaga, bunga lawang, kelabet, adas manis, daun salam koja, dan cengkih. Jenis rempah-rempah yang digunakan bergantung jenis kari dan negara asal masakan. Bubuk kari (curry powder) atau masala adalah campuran dari berbagai jenis bumbu dan rempah yang pertama kali dibuat oleh orang Inggris pada zaman Kemaharajaan Britania karena rindu dengan kari India.



Dalam bahasa-bahasa Dravida, kari berarti sayuran dalam saus atau saus. Kata kerja karughi dalam bahasa Tamil berarti menggoreng dengan minyak banyak (atau membakar). Dalam bahasa Kannada, kari juga menggoreng atau hidangan gorengan. Dalam sebagian bahasa-bahasa India Selatan, kari secara harfiah berarti lauk (berbagai macam masakan sayuran dan daging) yang dimakan bersama nasi atau roti. 


Di negara-negara Barat, curry telah menjadi kosakata bahasa Inggris untuk semua jenis masakan khas Asia Selatan dan Asia Tenggara yang dimasak dengan berbagai rempah-rempah. Kepopuleran kari telah menyebar dari anak benua India ke dalam khazanah masakan dunia. Setiap negara memiliki jenis kari khas yang disesuaikan dengan selera orang di negara itu. Kari telah menjadi makanan dunia, dan diadopsi ke dalam masakan Thailand, masakan Inggris, dan masakan Jepang.


Sebelum ada yang menanyakan, ini saya kasih gambaran rempah-rempah yang saya pakai di bubuk kari komplit saya. Kalau beli di mall kan ada label warnanya, kalo beli di pasar tidak ada. Biar tidak ketipu sama penjualnya kita harus tahu bentuknya dulu, hehe Dari resep yang saya share bisa jadi 20 an sendok makan. Sekali masak paling cuma pake 1-2 sdm saja, jadi awet buat stok. Pastikan disimpan di tempan kering dan kedap udara. Kalau di tempat lembab nanti aromanya cepat hilang.


Bahan 

50 gr kapulaga india 

50 gr merica 

40 gr ketumbar 

10 gr jinten 

10 gr adas manis 

10 gr cengkeh 

10 gr pala 

10 gr kayu manis 

10 gr kapulaga jawa 

10 gr bunga lawang 


Cara membuat: 

1. Dengan api kecil, sangrai rempah yang padat terlebih dahulu (kayu manis, pala, bunga lawang, cengkeh). Bila sudah mulai kering/ ringan, tambahkan rempah lainnya. Sangrai hingga rempah terasa ringan (tidak banyak kandungan airnya). 

2. Blender rempah hingga halus, lalu ayak. 

3. Blender lagi rempah yang tidak lolos ayakan, lalu ayak lagi. Ulangi proses hingga semua rempah lolos diayak. 

4. Aduk-aduk bubuk rempak agar tercampur rata, lalu simpan dalam wadah kedap udara Untuk 20-22 sdm bubuk rempak SELAMAT MENCOBA.

0 Response to "Resep cara membuat Bubuk kari komplit"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel