-->

4 arti kode sticker pada buah-buahan di supermarket

Tahukah kamu! Jika buah yang sering kamu beli di supermarket itu memiliki label atau kode sticker yang menempel pada buah loh..! Jika kamu membeli buah atau sayuran di supermarket, biasanya buah tersebut mempunyai kode-kode tertentu. Kode angka pada awalan memiliki arti dan berada di stiker yang menempel pada kemasan atau di buah dan sayur. Stiker angka itu merupakan kode Price Look Up atau PLU digital yang berisi informasi penting mengenai buah tersebut. Coba kalian perhatikan ketika membelinya ya! Jangan sampai salah, maunya sehat, tapi malah berbahaya. 


jika buah import mempunyai stiker yang mencantumkan pada buah tersebut dan di produksi dengan bantuan agronomik atau penggunaan pestisida, jadi jika kalian ingin membeli buah di supermarket harap perhatikan kode stiker. Karena Keberadaan sticker yang kadang tidak dipedulikan namun sebenarnya menyimpan informasi penting tentang bagaimana proses dari buah tersebut. Pastikan sebelum dimakan dicuci terlebih dahulu sampai bersih, supaya racun pestisida yang masih melekat hilang terbawa air. Berikut beberapa kode sticker pada buah yang wajib diketahui:


1. Stiker kode 4 digit diawali angka 3 atau 4 Stiker 
pada buah di supermarket yang menyantumkan 4 digit angkat, itu berarti buah atau sayuran tersebut diproduksi dengan bantuan teknik agronomik, termasuk juga penggunaan pestisida dan pupuk. Tapi jangan panik dulu, ya. Penggunaan pestisida pada buah tersebut sangat rendah jadi tidak mengandung racun. Namun, yang harus kalian perhatikan yaitu jangan lupa untuk selalu mencuci sampai bersih setiap buah-buahan yg dibeli sebelum dikonsumsi, ya.


2. Stiker kode 5 digit diawali angka 8 
Yang kedua, yaitu kode digit yang diawali dengan angka 8. Jika kalian melihat stiker ini, itu berarti buah ini telah dimodifikasi genetika dalam proses pertumbuhannya. Jadi buah tersebut termasuk dalam pangan GMO yang sempat menjadi pro dan kontra. Penelitian menunjukkan bahwa melon, pepaya, dan pisang termasuk buah yang sering dimodifikasi secara genetika.


3. Stiker kode 5 digit diawali angka 9 
Kalau kalian melihat kode 5 digit yang diawali dengan angka 9, artinya buah atau sayuran ini tumbuh sesuai dengan USDA organik standar. Alasannya, Program Organik Nasional USDA memiliki banyak syarat. Buah atau sayuran tersebut diproduksi dengan metode pertanian alami, tanpa menggunakan zat kimia.


4. Buah tidak berstiker
Ada juga Iho buah yang tak ada stiker kode PLU Mungkin kalian sering membeli buah yang gak ada stiker kodenya, kan? Itu bisa saja berbahaya. Buah yang diimpor seharusnya memiliki label stiker kode pangan. Kalau tidak ada label sama sekali, kemungkinan telah dilepas karena alasan tertentu.

Tetap utamakan cuci dahulu sebelum buah yang kita konsumsi tersebut benar benar bersih dari berbagai macam pestisida maupun kuman yang masih menempel agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Lebih baik mencegah daripada mengobati. intinya sedia payung sebelum hujan. Tetap jaga kesehatan keluarga dari kuman yang tidak terlihat. Semoga bermanfaat sumber:mediasehat

0 Response to "4 arti kode sticker pada buah-buahan di supermarket"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel