-->

Mengenal Jenis-jenis virus komputer yang wajib diketahui

Virus merupakan salah satu jenis malware yang cara kerjanya membutuhkan perantara sebagai activator. Biasanya, activator dari virus komputer adalah pengguna itu sendiri. Virus Komputer merupakan suatu program atau aplikasi yang dapat memperbanyak, dan menyebar dengan sendirinya, dan menyebabkan efek negatif pada komputer yang terjangkit. Biasanya virus masuk kedalam komputer dengan cara menyisipkan dirinya dalam suatu file ataupun program.


Efek yang ditimbulkan virus komputer pun beragam, mulai dari hilangnya file dari komputer, timbul error yang tidak biasa (misalnya freeze), program tidak dapat digunakan, hingga file yang dicuri. Virus juga dapat memungkinkan untuk merusak hardware pada komputer.

Komputer yang terjangkit banyak virus biasanya sudah tidak bisa di bersihkan dengan antivirus lagi, dan salah satu caranya adalah membersihkan/ format harddisk dalam komputer. Terus untuk apa adanya ANTIVIRUS? Untuk mencegah sebelum terkena virus. Seperti kata pepatah "Sedia payung sebelum hujan" di bawah ini adalah beberapa virus yang wajib diketahui

1. Worm
Worm adalah sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer. Sebuah worm dapat menggandakan dirinya dengan memanfaatkan jaringan (LAN/WAN/Internet) tanpa perlu campur tangan dari user itu sendiri.

2. Backdoor
Backdoor disisipkan ke dalam kode sistem maupun sebuah program secara diam-diam sehingga pengguna tidak mengetahui ada backdoor pada sistemnya. Akibatnya, pembuat backdoor tadi dapat masuk dan mendapatkan akses ke dalam sistem pengguna bahkan dapat mengakses keseluruhan sistem.

3. BOTS
BOTS adalah sebuah proses yang bekerja secara otomatis yang kemudian berinteraksi dengan jaringan lain.

4. Trojan
Trojan Horse merupakan sebuah program komputer yang mempunyai kemampuan yang tidak bisa di lacak dan seakan-akan baik untuk di gunakan yang ujung-ujungnya merusak sistem.

5. Ransomware
Ransomware merupakan jenis perangkat perusak yang dirancang untuk menghalangi akses kepada sistem komputer atau data hingga tebusan dibayar.

6. Adware
Adware adalah perangkat lunak yang menampilkan unduhan iklan tanpa izin dan menampilkan sembulan atau spanduk pada antarmuka pengguna program saat pengguna terhubung ke internet.

7. Spyware
spyware adalah istilah teknologi informasi yang mengacu kepada salah satu bentuk program berbahaya yang memasang dirinya sendiri ke dalam sebuah sistem untuk mencuri data pengguna atau merusak sistem pengguna tersebut.

Jadi hati-hati ya sob.. dalam menggunakan komputer dan berselancar di internet.

0 Response to "Mengenal Jenis-jenis virus komputer yang wajib diketahui "

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel