-->

Featured Posts

Boleran atau Rip current area terlarang yang menghanyutkan di pantai

Mengenal boleran atau Rip current area terlarang yang menghanyutkan di pantai.  pengalaman ini dibagikan oleh pengguna Facebook yang kebetulan orang pesisir pantai. di pantai selatan itu khususnya yg berpasir, ada suatu area di pantai yang jangan sampai kalian dekati daerah situ. namanya kalau di kampung itu boleran atau Rip current, itu di tandai dengan ombaknya tenang/tidak pecah cuma menggelundung saja ombaknya.


padahal di sisi lain ombak memecah besar. orang awam mikirnya itu aman karena tidak ada ombak, tapi sebenarnya itu area mematikan. Kami anak pesisir paham betul itu area terlarang bagi kami untuk berenang di situ, sebab itu cekungan dalam mirip sungai yang air bawahnya mengalir deras ke tengah laut ke arah cekungan yang lebih dalam. tetapi, di area selain boleran pun sama bahayanya kalau di sampai ketengah2. harap pahami itu. Tetap hati-hati walaupun bukan Boleran, tetapi bisa membuat tenggelam jadi bukan cuma boleran saja yang buat tenggelam Ciri-ciri nya adalah :

* ombaknya menggelundung tidak seperti area lain yang ombaknya memecah. ombak memecah ada putih-putih air saat memecah, sedangkan ombak menggulung itu cuma gulungan gelombang. dan warna airnya agak gelap yang menandakan itu area dalam.

* Boleran itu biasanya menjorok ke daratan, biasanya itu berlokasi di skitar 5 - 10meter dari garis bibir pantai tergantung kondisi air laut pasang atau tidak. [ 5-10 meter jika pasang] jika air laut surut itu beragam, ada yg berjarak 20m baru boleran. Garis bibir pantai di sini yang di maksud itu area terakhir yg di terjang air laut, bukan garis area basah dan area kering. bisa di katakan ombak terakhir yg paling jauh ke darat. Angka angka itu tidak baku karena berbeda tiap kondisi laut.

*Area yang bukan boleran atau area aman itu bisa berjarak sampe 20 meter lebih dari bibir pantai dan itu tidak ada lubang karena aliran airnya tidak kuat itu akan semakin dalam secara perlahan semakin jauh semakin dalam tapi ombaknya memecah besar. itu adalah area pesisir biasa untuk berenang, bisa aman walau 20 meter berenang tapi dengan syarat harus bisa renang dan perhatikan penurunan dalam pasirnya.

Angka angka itu tidak baku karena berbeda tiap kondisi laut jika di tarik garis sepadan, misal 20 meter dari garis pantai, area aman memiliki kedalaman itu skitar 100cm-150cm, , sedangkan area boleran itu baru 7meter dari bibir pantai atau misal baru masuk 2 meter ke arah Boleran itu kaki tidak menyentuh pasir atau dalam nya lebih dari tinggi badan dan airnya mengalir deras.

* air laut surut sekali, itu boleran terlihat jelas, bahkan orang awam akan tahu karena terlihat cekungan, dan baru masuk 2 meter saja dari bibir pantai sudah sekitar sedalam pusar/pinggang dalamnya. sedangkan di sisi lain, di 20 meter bibir pantai itu hanya semata kaki sampai lutut. sangat dangkal. itu yang paling jelas. jadi di boleran itu se pusar.

* sering ada orang tenggelam karena tidak tahu hal ini, main-main air di pinggir pantai, hanya beberapa meter dari garis bibir pantai, tapi lurus sedikit ke arah tengah itu boleran, ketika ada ombak besar, orang itu terseret hanya beberapa meter saja tetapi masuk ke boleran dengan air yang dalam dan menghanyutkan.

Note:
Boleran atau Rip current itu sejenis Ekor dari palung laut, jadi boleran itu mirip seperti sungai yang akan membawa apa saja tertarik arus ke palung laut yang dalamnya puluhan meter.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel